RINDU KAMI PADAMU YA RASUL, PENUHILAH SELURUH BILIK KERINDUAN KAMI DENGAN SYAFAAT CINTAMU RINDU RASULKU: Penciptaan Rasulullah SAW

08 Maret 2009

Penciptaan Rasulullah SAW

Dari Anas ibnu Malik beliau berkata,
“Rasulullah SAW tidak kelihatan tinggi dan tidak kelihatan pendek, kulitanya tidak putih pucat dan tidak hitam pekat, rambutnya ikal tidak keriting meringkel dan tidak terurai. Allah SWT mengutus beliau pada permulaan umur empat puluh tahun, beliau tinggal di Makkah selama sepuluh tahun* dan di Madinah selama empat puluh tahun. Allah SWT mematikan beliau pada umur enam puluh tahun** dan tidak ada di rambut kepala dan di jenggot beliau lebih dari dua puluh rambut yang putih.”
(HR Tirmidzi, Bukhari, Muslim, Malik)

Dari Ali bin Abi Thalib, berkata;
“Nabi SAW tidak berperawakan tinggi kurus dan tidak pendek gemuk. Mempunyai dua jari-jari dan telapak tangan serta kaki yang tebal, kepala bulat serta tulang kepala yang kuat, dan berbulu dada yang lebat sampai ke pusat. Jika berjalan tegap bagaikan turun ke tempat yang lebih rendah. Saya tidak pernah melihat seseorang sebelum dan sesudahnya yang seperti beliau”.
(HR. Tirmidzi dan Hakim)

Jabir ibnu Tsamrah berkata,
“Rasulullah SAW mempunyai mulut yang lebar dan mata yang berbetuk serta tumit yang runcing. Syu’bah berkata bahwa ia bertanya kepada Sammak, ‘Apa yang dimaksud dengan mulut yang lebar?, Dia menjawab. Mulut yang lebar sesuai dengan raut wajah. Lalu aku bertanya; apa yang dimaksud dengan mata yang berbentuk?, dia menjawab,’alis mata yang panjang, aku bertanya; apa yang dimaksud dengan tumit yang runcing?, dia menjawab; tumit yang sedikit dagingnya”.
(HR. Tirmidzi dan Ahmad)

Dari Jabir ibnu Abdillah, Sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda,
“Telah diperlihatkan kepadaku para nabi, maka nabi Musa AS satu contoh dari seorang laki-laki seakan-akan dari laki-laki Yaman. Aku melihat Isa ibnu Maryam AS, lebih mirip orang yang aku lihat yaitu Urwah ibnu Mas’ud***. Aku melihat Ibrahim AS, jika lebih dekat mirip teman kamu (Maksudnya Rasulullah sendiri), Aku melihat Jibril AS, jika lebih dekat mirip Dihyah****.
(HR. Tirmidzi, Muslim, Ahmad)

*Dalam satu riwayat, tinggal di Makkah selama tiga belas tahun
** Dalam satu riwayat; beliau berumur enam puluh tiga tahun, riwayat ini adalah riwayat yang lebih mahsyur serta riwayat yang benar
*** Urwah ibnu Mas’ud Ats-Tsaqafy yaitu orang yang diutus oleh orang Quraisy kepada Rasulullah SAW pada perjanjian hudaibiyah dan masuk Islam pada tahun sembilan Hijriyah. Beliau adalah salah satu dari dua orang Quraisy dan dikatakan terhadap keduanya; (Mengapa Al-Qur’an tidak diturunkan kepada seorang besar dari salah satu dua negeri (Makkah dan Thaif) ini. (QS. Az-Zukhruf;31)
**** Dihyah al Kalibi, sahabat yang ikut berperang bersama Rasulullah SAW dalam perang Badar dan termasuk yang dibaiat di bawah pohon, Malaikat Jibril AS datang kepada Rasulullah SAW menyerupainya. Pergi ke negeri Syam dan berdomisili disana sehingga di zaman Muawiah. Beliau juga sebagai utusan Nabi SAW kepada Heroklates dan mereka bertemu di Hamsh.

0 give your comments at here:

Posting Komentar