RINDU KAMI PADAMU YA RASUL, PENUHILAH SELURUH BILIK KERINDUAN KAMI DENGAN SYAFAAT CINTAMU RINDU RASULKU: Rasulullah saw Selalu Mendahulukan yang Kanan

11 April 2009

Rasulullah saw Selalu Mendahulukan yang Kanan

Imam An-Nawawi berkata, “Disukai mendahulukan sebelah kanan pada setiap perbuatan yang termasuk dalam bab pemuliaan. Seperti misalnya; wudhu, mandi janabah, tayamum, mengenakan pakaian dan celana, memakai sandal dan sepatu, masuk mesjid, bersiwak (menggosok gigi), memakai celak, memotong kuku, mencukur kumis, mencabut bulu ketiak, memotong rambut kepala, mengucapkan salam diakhir shalat, makan, minum, bersalaman, mengusap hajar aswad, keluar dari kamar mandi, memberi dan sebagainya.” (Riyadh Ash-Shalilin)

Sebaliknya, disukai mendahulukan sebelah kiri untuk hal-hal sebaliknya. Misalnya; membuang ingus dan air ludah kesebelah kiri, keluar rumah, melepaskan sandal dan sepatu, serta pakaian dan selanah istinja’, membersihkan hadats, dan seterusnya.
“Adalah Nabi saw, beliau senang mendahulukan sebelah kanan dalam semua urusannya. Dalam bersucinya, bersisirnya, dan memakai sandalnya” (Muttafaq Alaih)
“Apabila kalian berpakaian, dan jika kalian berwudhu, maka mulailah dari sebelah kanan kalian.” (HR. Abu Dawud dan At-Tirmidzi).

0 give your comments at here:

Posting Komentar